17 Desember 2009

Surat Om Pram untuk Perawan Indonesia


Om Pram. Orang banyak mungkin mengenalnya sebagai sastrawan. Lebih tepatnya novelis. Lalu bagaimana bila seorang Pramoedya Ananta Toer menulis surat. Surat setebal lebih dari 200 halaman. Surat bagi pembacanya yang lintas generasi, yang mudah disakiti, yang memiliki sisi lemah, yang sisi lemah itu walau banyak berkurang saat ini namun akan terus tertempel sebagai kodrat. Sebagai perempuan.

Perawan Remaja Dalam Cengkraman Militer adalah surat yang ia tulis selama masa pembuangan. Selama di Pulau Buru. Selama dihukum karena aroma PKI –Lekra- menempel pada dirinya. Buku ini menuliskan kisah penipuan, atau lebih tepatnya paksaan terhadap perawan remaja Indonesia selama masa penjajahan Jepang. Masa di mana rakyat Indonesia paling tersiksa. Tak peduli pria atau wanita, tua atau muda, kaya atau miskin. Tetap dihinggapi ‘kesialan’ akibat keserakahan Jepang.

Jugun Ianfu atau perempuan penghibur bagi bala tentara Jepang. Itu lah menu utama surat Om Pram ini. Kisah di balik propaganda Dai Nippon itu menyisakan rasa perih, malu, nista, namun seolah lenyap begitu saja.

Buku ini bukanlah fiksi-fiksi berisi alterego Tirtho Adhi Soerjo, tokoh pers pribumi pendiri Medan Prijaji pada 1907 sebagai Minke dalam Tetralogi Buru. Namun kisah nyata yang didasari wawancara terhadap pihak-pihak yang berhubungan dengan kebohongan Jepang dalam menarik minat perawan muda nan cantik untuk jadi pemuas nafsu biologis serdadu matahari terbit.

Kisahnya ditulis dengan cukup baik. Naratif. Sehingga kesan Om Pram sebagai penulis novel masih terasa kental dalam bukunya ini. Karena merupakan karya lama, beberapa kosa kata dan istilah menggunakan ‘barang lama’. Namun tak usah khawatir, karena penerbit menyediakan catatan kaki untuk memecahkan masalah tersebut.

Buku ini layak dibaca bagi pemerhati masalah perempuan, hukum perang internasional, dan siapa pun yang merasa mencintai bangsa ini.

Detail buku:

Judul : Perawan Dalam Cengkeraman Militer

Penulis : Pramoedya Ananta Toer,Koesalah Soebagyo Toer

Penerbit : Kepustakaan Populer Gramedia (KPG) 93S04801|24

Tahun Terbit : 2000

Jumlah Hal : 218

Berat Buku : 255 gram

Jenis Cover : Soft Cover

Dimensi (L x P) : 210 X 140 mm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar